Senin, 28 Juli 2008

PROMO-OTOMOTIF


Mitsubishi Gandeng TEPCO Produksi Mobil Elektrik
Mitsubishi Motors Corp menggandeng Tokyo Electric Power Co (TEPCO) sebagai mitra bisnis akan mengembangkan kendaraan elektrik. Mitsubishi bakal memproduksi mobil berukuran mini yang rencananya akan menggunakan listrik dari outlet rumahan dan mulai ngehit dipasaran pada 2008.
Dalam prakteknya kendaraan yang bakal dirilis dipasaran dengan harga kurang dari 2 juta yen per unit atau sekitar US$18,300 ini mampu mencapai kecepatan 250 km (155 mil) per jam setelah empat jam pengisian dari outlet rumahan.
Mobil elektrik ini bakal dipasangi motor elektrik di dalam roda-rodanya, dimana Tokyo Electric sebagai perusahaan penyuplai baterai dan teknologi pengisian baterai untuk mobil-mobil Mitsubishi tersebut.
Namun juru bicara TEPCO menyebutkan selama ini belum ada kesepakatan seperti yang dilaporkan, namun pihak perusahaan penyedia energi ini mengaku telah menjalin kerjasama dengan berbagai macam perusahaan sebagai penyuplai teknologi pengisian baterai, termasuk Mitsubishi Motors.
Kendaraan mini ini merupakan kendaraan kecil, yang menurut peraturan di Jepang, kendaraan mini tersebut harus memiliki kapasitas mesin kurang dari 660 cc, dalam hitungan kasarnya sekitar 60% kendaraan yang djual di Jepang adalah Kendaraan mini. Dengan panjang harus kurang dari 3,4 meter dan lebar kurang dari 1,48 meter serta tinggi tak lebih dari 2 meter.
Sebagai salah satu negara pembuat mobil, Jepang berada diurutan teratas di pasaran Amerika, terutama dalam penjualan mobil hibrida ramah lingkungan. Kenyataan ini membuat perusahaan Mitsubishi Motors berusaha berlomba dengan pesaing senegaranya untuk kembali bangkit di pasar dunia setelah sebelumnya terancam bangkrut.
===================================================================


Mercedes-Benz Launching Empat Model Baru di Cina
Mercedes-Benz, merek mobil mewah Jerman ini memperkenalkan empat model baru pada International Auto Show tahun ini di Shanghai serta mengumumkan produksi lokal C- dan E-Class di China dalam paruh kedua tahun 2005. Produk utama yang ditampilkan adalah Grand Sports Tourer R-Class. Ia dilengkapi oleh Compact Sports Tourer B-Class, CLK-Class baru dan Sport Utility Vehicle M-Class baru.
"Mercedes-Benz menawarkan 14 model di China. Jajaran produk kami merupakan yang terluas di segmen kelas atas dan mewah. Dengan permulaan produksi lokal di pabrik baru di Beijing, kami akan mengukuhkan komitmen jangka panjang di pasar penting ini", tegas Dr. Thomas Weber, anggota dewan DaimlerChrysler yang bertanggungjawab atas penelitian dan pengembangan serta pengembangan kelompok mobil Mercedes, dalam jumpa pers Mercedes-Benz di Shanghai.
Hal penting Mercedes-Benz: R-Class baru Hanya beberapa pekan setelah peluncuran perdananya di New York, Grand Sports Tourer R-Class juga disambut hangat di Shanghai.
Dr. Weber: "Saya yakin konsep inovatif "Dynamic Space" mobil ini akan sangat populer di antara para pelanggan di China. Ia menggabungkan keserbagunaan dan desain menarik dengan kenyamanan limusin mewah dan standar keamanan tertinggi ke dalam kelasnya sendiri."
B-Class menafsirkan konsep dan manfaat Sports Tourer dalam bentuk yang lebih kompak. Seperti produk yang lebih besar, ia menggabungkan keuntungan segmen mobil mapan. Meskipun berukuran kompak dengan panjang keseluruhan 4,27 m, para penumpang B-Class dapat menikmati dimensi ruang dalam dan keserbagunaan tertinggi.
Mercedes-Benz akan memperkenalkan R-, M-, CLK-Class ke China dalam beberapa bulan mendatang. B-Class akan ditawarkan terlebih dahulu kepada pasar terpilih di Asia. "Dimulai pada Auto Shanghai 2005, kami akan memantau minat masyarakat China pada Compact Sports Tourer. Jika reaksi konsumen dan media positif, kami juga dapat menawarkan B-Class di China dalam waktu dekat," jelas Dr. Weber.
===================================================================


Nissan 'New X-Trail Stt' Lebih Macho
PT Nissan Motor Indonesia (NMI) yakin dapat mencapai target penjualannya untuk tahun 2005 sebesar 15 ribu unit, meningkat hampir 25% dari penjualan tahun lalu, seiring dengan makin dikenalnya berbagai produk Nissan di kalangan masyarakat otomotif Indonesia.
Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia (NMI) Norio Ota menegaskan itu ketika meresmikan peluncuran New X-Trail di Jakarta.
"Melihat laju pertumbuhan yang sangat menggembirakan sekarang ini, saya yakin Nissan dapat mencapai target penjualannya untuk tahun 2005 dan juga mewujudkan tujuan jangka menengahnya guna meraih penjualan tahunan 40 ribu unit dalam tiga tahun ke depan, dan menjadi salah satu pemain besar di pasar otomotif di sini," katanya.
Penjualan (NMI) selama 6 bulan pertama tahun 2005 sangat memuaskan. Penjualan Nissan selama periode tersebut tercatat 6.989 unit, meningkat 2.010 unit atau naik sekitar 40% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.
Kontributor terbesar dari penjualan periode itu masih tetap X-trail, yang menyumbang 4.230 unit atau sekitar 60% dari total penjualan.
Sejak dipasarkan secara resmi di Indonesia pada tahun 2003, penjualan X-trail terus meningkat. Bahkan sepanjang tahun 2004 X-trail meraih posisi teratas dari segi penjualan untuk segmen SUV sehingga X-trail menjadi SUV No. 1 di Indonesia.
Untuk mempertahankan posisi SUV No.1 itu, NMI terus melakukan perbaikan dalam berbagai hal, termasuk mutu dan desain produk. Salah satunya adalah dengan memperkenalkan New X-trail.
"Selain varian X-trail St dan Xt yang selama ini sudah dipasarkan di Indonesia, kini kami memperkenalkan varian X-trail terbaru, yaitu New X-Trail Stt," kata Ota.
X-Trail Macho
New X-Trail Stt adalah varian X-Trail terbaru dengan penampilan lebih macho dibanding kedua varian lainnya. Bila New X-Trail Stt menekankan pada functional oriented, maka X-Trail Xt merupakan top of the line dengan segala fitur kenyamanan dan kemewahannya.
Menurut Deputy Director Sales & Marketing NMI Teddy Irawan, kehadiran X-Trail Stt dimaksudkan untuk memenuhi selera konsumen, yaitu mereka yang menunggu-nunggu produk X-Trail yang lebih macho. Pesona Stt memang berbeda. Dari segi positioning, X-Trail Stt menjembatani X-Trail St yang merupakan varian standard, sedangkan X-Trail Xt merupakan varian top of the line. "Varian Stt directions-nya mengarah pada pada bentuk X-Trail yang lebih gagah," kata Teddy.
Komponen yang membuat X-Trail Stt tampak lebih macho adalah kelengkapan yang melekat pada varian ini. Stt dilengkapi dengan front guard bar, side step, black side molding, overfenders, dan roof rack.
Seluruh line-up New X-Trail kini tampil dengan new front grille design, yaitu grille depan dengan tampilan baru berbentuk dua lis menyerupai huruf V yang mengapit logo Nissan. Di samping itu, ke-tiga varian New X-Trail ini kini juga dilengkapi new design side mirrors, alarm dan cargo net.
Untuk menambah kenyamanan perjalanan, khusus untuk X-Trail Stt dan Xt, ada tambahan audio system baru yaitu DVD yang dilengkapi LCD touch screen. Teknologi touch screen sangat mudah dioperasikan sehingga tidak menyita konsentrasi saat berkendara.
Generasi 2005 X-Trail ini kini juga hadir dengan pilihan warna baru, yaitu burning red. Sebelumnya telah ada pilihan warna lain yaitu: dark blue pearl, beige metallic, black solid, misty green metallic, dan titanium silver metallic.
"Kehadiran X-Trail Stt, selain untuk memperkuat dan melengkapi line-up X-Trail yang ada saat ini, diharapkan juga dapat memperkokoh brand image Nissan sebagai SUV No. 1 di Indonesia. Dan yang terpenting, X-Trail Stt diharapkan dapat menunjang penjualan Nissan di Indonesia," kata Ota.
Ia mengatakan bahwa meningkatnya volume penjualan Nissan dibarengi dengan pengembangan jaringan penjualannya. Dari 42 dealer Nissan yang saat ini tersebar di seluruh Indonesia, 26 di antaranya telah memiliki RVI (Retail Visual Identity) sesuai standard Nissan Motor Co., Ltd (Nissan Jepang). Tahun 2005 ini NMI bermaksud membuka 6 dealer baru. Pada tahun 2007 diharapkan sudah ada 60 dealer Nissan di seluruh Indonesia.
"Saat ini kami juga sedang menjajaki kemungkinan untuk memasuki secara lebih agresif segmen lainnya yang juga cukup besar dan potensial yaitu mid MPV sebagai bagian dari rencana pengembangan bisnis Nissan di Indonesia. Persiapan kami ke arah sana sudah semakin matang dan sesuai rencana," kata Ota.
Sejalan dengan pengembangan bisnis itu, NMI juga akan meningkatkan kapasitas produksi dan memperluas organisasi perusahaan. Dengan pengembangan bisnis Nissan, NMI juga turut memberikan kontribusi dalam membuka lapangan kerja dan pertumbuhan ekonomi Indonesia.
Ota menekankan, dalam usaha memperluas bisnis Nissan di Indonesia, sangat penting bagi NMI untuk selalu memperkokoh brand image sebagai SUV No. 1 di Indonesia. Di dunia saat ini, Nissan juga dikenal sebagai produsen SUV yang kuat.
===================================================================

Cara Gampang Merawat Motor!
Kalau motor sudah mulai rewel, paling nyebelin! apalagi bagi yang mau mudik naik motor. Jangan buru-buru menyalahkan motor Anda, bisa jadi Andalah yang kurang merawat motor. So tak ada salahnya mengintip tips merawat motor berikut!
Cek Kondisi Oli
Oli mesin ini sangat penting peranannya untuk melumas komponen-komponen mesin, seperti stang seher, seher, dan ring seher, kruk as dan noken as atau stang klep. Jika keberadaan minyak pelumas sudah berwarna kehitam-hitaman atau kelenturan daya lumasnya berkurang, maka sebaiknya diganti. Ganti oli secara berkala dan gunakan sesuai dengan rekomendasi pabrikan.
Cek Kondisi Aki
Jangan biarkan air accu melewati batas maksimum dan minimum yang akibatnya bisa mempercepat kerusakan pada sel-sel accu. Tambahkan aki pada pagi hari.
Jangan biarkan baterai atau accu yang sudah mulai melemah, segeralah menggantinya, bukan hal baik jika anda tetap memaksa menggunakannya. Jika tetap dipaksakan kedua kutub positif dan negatif akan mengeluarkan korosi (serbuk putih) yang akan menjalar ke bagian kabel-kabel utama yang menghubungkan arus listrik ke saluran lampu, dinamo, atau bagian-bagian lainnya.
Jika memang motor anda mengalami hal tersebut, arus listrik yang dihantarkan baterai atau accu tidak sempurna akan menyebabkan kerusakan pada komponen dinamo, kontak mesin maupun switch lampu. Satu hal yang perlu diperhatikan jika accu sudah lemah atau tidak mampu di starter dan distarter, jangan memaksa mendorong sepeda motor untuk menghidupkannya sebab hanya akan merusak gigi transmisi.
Periksa Rantai dan Gir
Jangan biarkan rantai terlalu kendor, atau terlalu kencang. Terlalu kendor bisa membuat rantai copot dari girnya, sementara terlalu kencang bisa mengakibatkan putus rantai. Cek juga kondisi gir, jika sudah tajam segera ganti karena jika tidak rantai bisa tiba-tiba putus. Bahaya kan, kalo lagi ngebut tiba-tiba putus rantai?
Periksa Kabel Koil dan Busi
Perhatikan keberadaan kabel koil yang menghubungkan arus listrik ke busi. Cepat ganti kabel yang kelihatannya sudah cukup umur dan banyak terlihat keretakan dan pengerasan pada kabel. Jangan lupa perhatikan keberadaan busi karena busi sangat vital untuk kelancaran sebuah mesin kendaraan.
Perhatikan Selang Bensin
Selang bensin ke karburator juga merupakanm komponen yang layak diperhatikan. Jangan membiarkan kondisi selang bensin mengeras atau terjadi retakan-retakan, karena bagian dalam selang bisa jadi sudah tidak elastis dan mengakibatkan serbuk kotoran yang berasal dari selang terbawa ke karburator. Pada akhirnya akan terjadi penyumbatan suplai bensin dari tanki ke karburator sehingga mengganggu sistem pembakaran.
Panaskan Mesin paling lama 2 Menit
Panaskan mesin sebelum motor dijalankan, tak perlu lama-lama cukup 1-2 menit agar sirkulasi oli bisa melumasi seluruh bagian dalam mesin yang bergerak. Jangan terlalu lama memanaskan karena akan membuat pipa knalpot menguning selain itu Anda pasti tak mau buang-buang bensin khan?.
Periksa tekanan angin ban
Jangan terlalu keras dan juga jangan kurang karena bisa berakibat kembang ban motor rusak.
Gunakan Selalu Sparepart Asli
Lebih baik mahal sedikit, tapi puas dan tahan lama daripada memakai yang tidak asli, meski murah tapi tapi daya tahan kurang.
So tidak sulit bukan, asal anda rajin merawat motor dengan benar pasti motor kesayangan Anda senatiasa tampil prima.
===================================================================

Lexus RX400h Lebih Keren dari RX330
Lexus RX400h hybrid, jadi perhatian saat launching perdana di Kanada Mei lalu. Berbeda dengan sesama sedan hybrid sebelumnya, SUV (sport utility vehicle) keluaran Toyota ini memiliki beberapa keunggulan lebih, salah satunya mampu melesat dari titik 0 ke 100 km/jam hanya dalam waktu 7,3 detik yang membuatnya dicap sebagai salah satu SUV tercepat secepat sport car.
RX400h mengikrarkan diri sebagai mobil SUV berbahan bakar efisien dalam golongan mobil sedan compact yang beremisi rendah Super Ultra Low Emissions Vehicle (SULEV). Lexus RX400h mengunggulkan mesin 3.3-litre V6 (208 bhp) dengan dua high-torque electric drive motor/generator, kontrol program yang stabil, on-demand electronic all-wheel-drive serta electronically-controlled continuously variable transmission (CVT).
Sebelum Lexus RX400h launching dipasaran, banyak yang menyangsikannya dan menilainya tak banyak mengalami perubahan dibanding keluaran sebelumnya RX330. Namun tanggapan pasar dipupuskan dengan kemewahan RX400h yang menyuguhkan desain sedikit lebih eksklusif, baik interior maupun eksteriornya, meskipun hanya sedikit fitur yang dikembangkan dari fitur-fitur dimiliki RX330.
Namun dari segi kecepatan, RX400h tak perlu diragukan. RX400h memiliki aplikasi teknologi yang menggunggulkan daya pacu, karena RX400h memiliki daya pacu 268 hp, lebih besar 38 hp dibanding Lexus RX330.
RX400h menawarkan harga bersaing dalam jajaran mobil sedan mewah SUV, dengan permulaan harga £35,485, harga yang relatif menjangkau untuk kelas sedan compact mewah dengan fitur inovatif dan teknologi kompleks yang dimilikinya.
===================================================================


Mitsubishi Grandis Lebih Prestisius
Kalimat "It’s About Prestigious" memang pantas disandang MPV Mitsubishi Grandis, yang menawarkan desain yang menarik dan teknologi fresh. Ini dibuktikan dengan pasokan dari Thailand yang hanya sekitar 150 unit setiap bulannya, ternyata peminat Mitsubishi Grandis di Indonesia sudah menembus angka 650 unit.
MPV yang diposisikan di kelas atas ini, memang memiliki segala yang dibutuhkan kelompok mapan. Selain memiliki kelebihan di desainnya, Mitsubishi Grandis juga memboyong teknologi yang masih fresh di jajaran produk Mitsubishi yang dipasarkan di Indonesia.
Eksterior:
Desain eksterior Grandis mengekspresikan sensibilitas yang segar dalam bentuk dan tampilan yang mempesona. Kesan ini sudah terasa dari tampilan depan dengan penempatan logo tiga berlian, kombinasi tipe lampu halogen dengan lampu utama yang didesain untuk menjamin perluasan cahaya tanpa mengganggu pesona Mitsubishi Grandis.
Interior:
Ruang dalamnya tidak kalah istimewa. Desain dashboard bertemakan wave forms berhiaskan illumination panel instrument yang mempesona, control penyejuk udara yang praktis, dan dengan knop transmisi gate type yang elegan, sehingga mampu membangkitkan perasaan lapang dan nyaman saat berada di dalamnya.
Kelapangan dan kenyamanan ruang dalam semakin nyata dengan desain kursi yang mampu dibuat dalam beberapa konfigurasi yang dilakukan dengan sangat mudah. Setiap bangku dapat diatur secara independent, sehingga dapat dengan mudah menempatkan barang-barang pribadi. Mesin:
Grandis mengusung mesin MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve Timing and Lift Electronic Control System) berkapasitas 2.4 liter. Teknologi mesin Grandis ini merupakan yang termodern di jajaran produk Mitsubishi yang sudah dipasarkan di Indonesia.
Sistem MIVEC mampu mengoptimalkan output dengan menggunakan variable waktu pengapian. Pada putaran rendah menggunakan cam rendah/medium yang membuat waktu katup dengan overlap yang kecil, memaksimalkan bahanbakar, torsi dan pengapian yang rendah meminimalkan gas buang pada start dingin.
Pada putaran tinggi (diatas 3600 rpm) mengubah profil ke camp tinggi yang menjadikan waktu klep dengan overlap yang besar. Overlap ini memberi keuntungan terhadap kecepatan pasokan udara untuk meningkatkan aliran ke silinder dengan setiap putaran yang memperbesar output.
Grandis juga dilengkapi transmisi pintar dengan sebutan INVECS-II 4A/T. Sistem Intellegent & Innovative Vehicles Electronics Control System (INVECS-II) menjadikan pengoperasian transmisi begitu mudah dan membuat siapapun yang mengemudikan Grandis merasa nyaman. Transmisi ini dapat dioperasikan layaknya transmisi manual untuk keperluan akselerasi yang lebih spontan.
Safety:
Beberapa penghargaan soal keselamatan sudah diraih Grandis ini. Euro NCAP memberikan rating bintang empat RISE (Reinforced Impact Safety Evolution) Body. Rating bintang 6 diberikan oleh NASVA Test, yaitu tes keamanan yang dilakukan pemerintah Jepang.
Prestasi tersebut diraih berkat aplikasi fitur-fitur keselamatan yang komplet dan teruji. Fitur tersebut antara lain passive safety yang meliputi dual airbags untuk pengemudi dan penumpang di depan, seatbelt pretensioner and force limiters, dan rem dengan ABS yang disempurnakan dengan EBD.
Data dan Fakta:
ATPM : PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors
Tipe : MPV (Multi Purpose Vehicle)
Harga : Rp. 292 juta (on the road Jabotabek)
Mesin : MIVEC 4 silinder, 16 katup
Isi silinder : 2.378 cc
Diameter x langkah : 87.0 x 100 mm
Daya maks : 165 ps/6.000 rpm
Torsi maks : 22.1 kg.m/4.000 rpm
Kaki-kaki :
Suspensi depan : McPherson Strut with coil spring
Suspensi belakang : Semi trailing arm with coil spring
Tipe velg : Alloy wheel
Ukuran ban : 215/60 R16
Rem depan : Cakram berventilasi
Rem belakang : Solid drum in disc
Dimensi bodi :
Panjang : 4.765 mm
Lebar : 1.795 mm
Tinggi : 1.655 mm
Jarak sumbu roda : 2.830 mm
Berat : 1.625 kg
Radius putar : 5,5 m
Tangki BBM : 65 liter
===================================================================

Kiat Merawat Mobil di Musim Hujan
Musim hujan telah datang, sebagian orang memandang musim hujan sebagai sebuah berkah, namun tak begitu halnya bagi pemilik mobil, hujan membuat mobil kotor dan tak sedap dipandang mata.
Apalagi jika anda tinggal di kawasan yang rawan banjir dan pasti anda tak ingin mobil kesayangan Anda tergenang air, karena mobil secanggih apapun, sebetulnya tak pernah dirancang untuk tahan air.
Selain itu keutuhan sejumlah komponen, baik dalam mesin maupun komponen penggerak juga perlu dijaga dari ancaman air. Paling tidak sebagai persiapan mobil tak mogok walau terus diguyur hujan atau malahan terpaksa melewati beberapa genangan. Meskipun terkadang pemeriksaan sederhana ini berbuntut kunjungan kita ke bengkel langganan bila memang terdapat beberapa kerusakan serius.
Bukankah lebih baik mencegah dari pada mogok saat banjir melanda atau saat hujan deras menguyur mobil Anda. So, tak ada salahnya kita mencermati dan mengamati trik dan tips bagaimana cara merawat dan membersihkan mobil di musim hujan.
* Seperti kita tahu air hujan banyak mengandung garam dan butir-butir kotoran halus, karena itu jangan langsung mengelapnya, lebih baik basahilah dahulu bodi mobil Anda dengan air bersih sampai merata. Kemudian cucilah mobil dengan sampoo berbusa rendah dan bilaslah kembali secara merata serta mengelapnya.
* Jangan meninggalkan kotoran atau garam oleh air hujan pada bodi mobil lebih dari 3 hari, karena akan menyebabkan timbulnya karat, jamur serta noda-noda air yang mengering.
* Bersihkan mobil Anda secara menyeluruh, seperti: engsel mobil, tepi bagasi, tepi pintu mobil, tepi kap mesin, dll. Jangan meninggalkan bekas air sehabis mencuci pada bodi mobil terlalu lama karena dapat meninggalkan bekas yang sulit dihilangkan.
* Bersihkan mobil anda sebagian dahulu atau separuh setelah selesai baru kemudian yang lain.
* Hindari pencucian mobil dengan shampoo yang berbusa tinggi, jika tidak terlalu kotor, cukup dengan air saja.
*Pemeriksaan Komponen
Periksa sistem pembakaran
Periksa seluruh komponen sistem pembakaran seperti tangki bahan bakar, saluran bahan bakar, pompa bahan bakar, saringan bahan bakar apakah perlu diganti atau tidak dan jangan lewatkan komponen sistem pembuangan, gas buang, dan rangkaian knalpot.
Pemeriksaan ini perlu karena kebocoran itu tak saja membuat terbuangnya BBM secara percuma. Bahkan bisa membuat masuknya air ke dalam tangki bensin atau tabung dalam rangkaian knalpot mobil. Bila hal itu terjadi kerusakan lebih parah pasti akan terjadi pada sistem mekanis mesin lainnya.
Periksa sistem pengapian
Periksa komponen sistem pengapian. Cek saat pengapian dan lakukan penyetelan saat pengapian yang tepat. Periksa keadaan koil dan platina. Pastikan busi dalam keadaan bersih dari kotoran, periksa keadaan busi dari kemungkinan elektroda yang aus atau terbakar.
Ganti kabel busi bila sudah bocor, keras atau terlalu tua. Pemeriksaan lebih detail harus dilakukan pula pada penutup busi, koil atau distributor. Bila bagian ini terdapat celah atau lobang, guyuran air akan mematikan kelistrikan mobil bersangkutan.
Periksa sistem kelistrikan
Periksa komponen sistem kelistrikan apakah semua berfungsi dengan baik, seperti apakah ada kabel yang mengelupas, putus, kendor dan kerusakan lain. Periksa lampu-lampu kendaraan apakah ada yang putus. Periksa pula instrumen switch lampu. Masuknya air dalam sistem perlistrikan dan kabel bakal menyulut terjadinya hubungan arus pendek dan membuat mobil segera mogok jika bagian ini basah.
Periksa dinamo starter
Periksa apakah motor starter berfungsi dengan baik. Apakah motor starter lancar, tidak tersendat-sendat. Paling mudah terpantau saat dinamo stater mengalami kerewelan adalah susahnya mesin mobil dihidupkan. Pastikan pula arus yang mengalir ke motor starter kuat untuk memutar motor starter.
Bila keempat bagian ini benar-benar tak luput dari pemantauan, mobil bakal jauh dari momok 'mogok' walau setiap hari terguyur hujan bahkan saat Anda terpaksa menghadapi genangan air. Saat menghadapi genangan jangan panik, sejauh tak terlampau tinggi kurang dari setengah roda mobil. Dengan perlahan dan pertahankan tekanan gas dalam posisi tetap. Selamat berhujan-hujan!
===================================================================


Honda Kembangkan Mobil 'Compact' Hemat Bahan Bakar
Perusahaan Mobil Jepang, Honda Motor telah memulai mengembangkan mobil compact hemat bahan bakar untuk pasar global dan mempertimbangkan memproduksi di Thailand.
Honda merencanakan memulai pemasaran model tersebut di Eropa sekitar tahun 2008, pada saat standar emisi lebih diperketat dan bermaksud melakukan penjualan tahunan sekitar 50.000 sampai 100.000 unit, demikian the Nihon Keizai Shimbun mengatakan.
Eropa memberlakukan peraturan baru bagi produsen otomotif untuk mengurangi jumlah emisi karbon dioksida pada setiap model terbaru sekitar 25% fari tingkat 1995.
Model baru itu diharapkan memiliki kecepatan setidaknya 20 km (12 mill) per liter (0,26 galon) bensin, demikian harian ekonomi itu memberitakan tanpa menyebutkan sumbernya.
Calon kuat untuk tempat berproduksi adalah Thailand, di mana pemerintah sedang menyusun rencana dengan menawarkan pengurangan pajak atau bentuk kemudahan lainnya guna meningkatkan produksi kendaraan berbahan bakar hemat, mobil-mobil subcompact dengan harga lebih rendah, katanya.
Honda akan mempertimbangkan pembangunan sebuah fasilitas baru di Thailand karena pabrik yang ada sekarang sudah siap beroperasi pada kapasitas penuh 120.000 unit per tahun.
Jika rencana pemerintah Thailand lebih lama dari yang diperkirakan untuk realisasinya, Honda mungkin akan memproduksi model baru pada pabriknya di Suzuka, Jepang Tengah, katanya.
Juru bicara Honda mengatakan bahwa perusahaan tersebut tidak bersedia memberikan tanggapan mengenai strategi untuk produk mendatang.
===================================================================

BMW 120i, Hapus Dahaga Penggemar Hatchback Premium
BMW 120i hadir ramaikan segmen mobil compact mewah di negeri ini. Mobil sporty yang bakal menghapus dahaga para penggemar hatchback premium.
BMW 120i merupakan kendaraan berjiwa muda yang dipenuhi dengan berbagai fitur modern berkelas kendaraan premium. Ditambah performa pengendaraan yang luar biasa, bungsu di keluarga BMW Indonesia ini menjadi standar terbaru di kelasnya.
Hatchback premium berpintu lima ini tentu tetap mempertahankan karakter khas BMW. Jarak sumbu roda depan dan belakang yang panjang (wheelbase) dengan overhang depan pendek, atap yang rendah dengan bentuk pilar C yang khas, serta karakteristik bagian depan dengan kidney grill-nya dan dua lampu besar memberikan tampilan BMW Seri 1 menjadi lebih menonjol dibanding yang lainnya. Sedan compact ini memiliki ukuran kompartemen bagasi yang fleksibel mulai dari 330 hingga 1.150 liter untuk dapat dimuati dengan peralatan sport untuk beraktivitas.
Posisi duduk memberikan kenyamanan berkendara jarak jauh, dengan struktur kokpitnya yang sangat jelas, sehingga memberikan kenyamanan ergonomis bagi pengendara pada saat mengemudi. Menghidupkan mesin bisa dengan cara hanya menekan tombol, bukan memutar kunci seperti lazimnya.
Berkat kelincahan dan keunikan pengendalian yang khusus di segmen mobil compact, sedan ini tidak hanya pengendalian yang halus di jalan berliku, tapi juga mampu tampil lincah di jalan-jalan perkotaan. Ini berkat ciri khas yang dimiliki semua mobil BMW yang bermesin depan sekaligus berpenggerak roda belakang.
Menurut klaim BMW Indonesia, walaupun dalam tikungan yang sempit sekalipun, tidak akan ada gejala kehilangan torsi sedikit pun. Ban belakangnya sangat baik mencengkram jalanan pada saat mengalihkan tenaga dari mesin ke jalan.
Konsep tersebut juga memberikan keseimbangan berat yang ideal antara poros depan alumunium dengan suspensi belakang. Gabungan semua karakter tersebut bahkan mampu memberikan kelebihan dalam memfasilitasi traksi yang optimal, walaupun pada saat dimuati dengan semua penumpang dan melewati tanjakan. Konsep pengendaraan dan suspensi tersebut sangat dipengaruhi oleh teknologi bodi yang kuat serta struktur aerodinamis yang bagus dengan hambatan koefisien (coefficient drag) hanya sebesar 0,29.
Secara keseluruhan, tidak ada yang lain di kelas mobil compact yang menawarkan perpaduan harmonis antara karakter sporti dengan kenyamanan berkendaraan jarak jauh yang terdapat pada BMW Seri 1.
Pada tahap awal BMW 120i menggunakan mesin bensin empat silinder berkapasitas 1.995 cc yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 150 hp (daya kuda) pada rpm 6.200 dengan torsi maksimum sebesar 200 Nm pada rpm 3.600. Dengan mesin ini, BMW 120i mampu mencapai batas maksimum kecepatan hingga 217 km/jam. Akselerasinya, kecepatan 100 km/jam bisa dicapai hanya dalam waktu 8,7 detik dari titik diam.
Berbagai perlengkapan keselamatan aktif dan pasif sudah pasti juga menjadi primadona di sini. Disc brake yang besar, misalnya, mampu menghentikan mobil dalam situasi apa pun tanpa memberikan goncangan keras bagi penumpang. Sistem lampu rem 2 tahap memberikan sinyal lebih baik bagi pengendara di belakang apakah BMW Seri 1 ini sedang mengerem normal atau mendadak.
Segmen keamanan tentu tak bakal dilupakan si bungsu seri 1 ini, yang terdiri dari perlengkapan standar keamanan seperti: DSC (Dynamic Stability Control), DBC (Dynamic Brake Control), Electronic Differential Lock, Brake Force Display serta dilengkapi juga dengan sistem airbag yang terdapat pada pelindung bagian kepala untuk semua penumpang dan pengendara sesuai dengan persyaratan keselamatan yang ketat. Fitur keselamatan dan pelindung struktur bodi adalah yang terbaik serta memenuhi persyaratan sehingga berhasil memperoleh lima bintang dalam crash test Euro NCAP (New Car Assessment Programme).
BMW 120i ditawarkan dengan harga Rp 435 juta on the road Jakarta. Pemesanan model terbaru ini sudah dapat dilakukan saat sekarang di semua diler resmi Astra terdekat. Sementara itu, untuk pengirimannya akan mulai dilakukan pada bulan April 2005. Konsumen dapat memilih variasi dua warna eksterior, termasuk black sapphire dan titanium silver serta dilengkapi juga dengan dua warna interior terdiri dari grey blue dan black.
===================================================================

Tidak ada komentar: